Searching...
Senin, 21 Februari 2011

UTAK-ATIK RESOURCE PROGRAM DENGAN MUDAH MENGGUNAKAN RESHACK


Apa itu Reshack?
Reshack atau Resource Hacker adalah sebuah program freeware yang bisa berjalan di dalam Windows buatan Angus Johnson (angusj@MyRealBox.com).
Sobat dapat mendownloadnya di sini


Program ini berguna untuk:
  1. Melihat resources Win32 executable files (*.exe, *.dll, *.cpl, *.ocx) dan Win32 resource files (*.res) dalam format compiled ataupun decompiled.
  2. Menyimpan resource dalam format (*.res), sebagai sebuah binary, decompiled resource scripts ataupun  images. icons, bitmaps, cursors, menus, dialogs, string tables, message tables, accelerators, Borland forms dan version info resources dapat disimpan dalam formatnya sendiri, apakah ingin disimpan menjadi image files atau *.rc text files.
  3. Memodifikasi (mengubah atau mengganti) resources yang berbentuk executables ataupun resource files.  Image resources (icons, cursors dan bitmaps) dapat diganti dengan image lain yang memakai format *.ico, *.cur, *.bmp, ataupun *.exe. Dialogs, menus, string-tables, accelerators dan message-table resource scripts (juga termasuk Borland forms) dapat diedit dan di-recompiled. Resources juga bisa diubah dengan resources dari file *.res selama resources yang akan digunakan untuk mengubah tipe dan namanya sama dengan  resources aslinya.
  4. Menghapus resources. Banyak compiler membuat resources di dalam aplikasi yang sebenarnya tidak pernah digunakan oleh aplikasi tersebut. Reshack bisa digunakan untuk menghapus resources yang tidak terpakai tersebut sehingga bisa memperkecil ukuran aplikasi. Menginstall dan mengunistall Reshack “Resource Hacker™” tidak butuh diinstall. Sobat hanya tinggal mengextract program tersebut. Reshack juga tidak  membuat entries dalam Windows Registry. Untuk menghapus Reshack, sobat tinggal mendelete folder yang berisi program tersebut. 
Kelemahan Reshack
  1. Reshack tidak bisa membaca resources yang formatnya masih 16-bit executables.
  2. Reshack dicompiled menggunakan Delphi™ ver 3.02. jika ingin mendecompile ataupun merecompile Borland's Delphi forms di dalam aplikasi yang dicompile dengan menggunakan Delphi versi baru, kemungkinan akan terjadi error.  
  3. Jika digunakan untuk memodifikasi aplikasi yang telah dikecilkan dengan EXE compressor, Reshack akan kesulitan untuk membaca resources tersebut. Akibatnya Reshack tidak bisa menampilkan resources types and names.
Ah capek juga ngomong pakek bahasa formal. Malah jadinya campurcampur tuh. Enggak usah formal-formal ya biar asik bacanya. Mudah-mudahan gitu :) (Nggrggretettet. Tiba-tiba perut saya bunyi. Maklum saya belum makan sejak tadi siang). Apa yang saya tulis diatas berdasarkan Help yang akan sobat temui setelah sobat mengextract Reshack. Cukup sekian ketikan dari saya, jika banyak kekurangannya saya mohon maaf.
Cuman bercanda. :) 

Hmm, kita lanjutkan ke inti acara yaitu "Otak-Atik Resources Program Dengan Mudah Menggunakan Reshack!!!" (kayak orang promosi aja). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merubah resource sebuah program. Saya akan memakai program EditPlus 2 sebagai contoh. Program ini berguna sebagai text editor, HTML editor dan programmer'. 
Editor untuk Windows. Sebenarnya saya ingin memakai Notepad tetapi takut dimarahin sama Kang Bill Gates. Anda bisa memakai program lain sebagai contoh.
Ok, to the points aja.
Setelah anda mengextract Reshack, jalankan program tersebut. Enggak perlu dikasih tahu bagaimana cara menjalankannya kan? Hehehe.

Melihat Resources Program
Buka EditPlus 2 dengan Reshack..
Caranya klik menu File - Open atau dengan menekan Ctrl+O.
Cari Editplus.exe lalu klik Open. Setelah muncul resource tree. Anda bisa mengklik resources tree tersebut sehingga resources bisa terlihat. Anda bisa memodifikasi, menyimpan, mengganti, menambah ataupun menghapus resource program tersebut. Jika anda merasa kesulitan karena harus mendouble klik resource tree, klik menu View - Expand Tree agar seluruh sub tree memanjang. Klik menu View - Collapse Tree jika ingin memperpendek resource tree.

Mengganti Icon, Cursor, Bitmap, dan Resource Lain
1. Untuk mengganti Icon, klik menu Action – Replace Icon...
2. Tentukan icon yang akan diganti dengan mengklik salah satu angka icon di dalam kotak Select icon to replace:
3. Pilih Icon pengganti dengan mengklik tombol "Select file with new icon..." lalu cari tempat icon pengganti berada. Selanjutnya klik Open.
4. Anda akan kembali pada kotak dialog yang sebelumnya. Klik Replace  dilanjutkan dengan mengklik Close.

Jika ingin mengganti Cursor dan Bitmap, caranya sama seperti di atas hanya saja setelah mengklik Menu jangan memilih Replace Icon... tetapi Replace Cursor... jika anda ingin mengganti cursor atau Replace  bitmap... jika anda ingin mengganti bitmap. Usahakan bitmap yang akan digunakan sebagai pengganti bitmap yang asli sama ukurannya karena jika tidak hasilnya akan menjadi jelek. Sedangkan jika anda ingin mengganti suatu resource dengan resource yang lain
1. Klik menu Action – Replace Other resource...
2. Pada kotak dialog yang muncul klik Open file with new resource...
3. Tentukan file yang ingin anda jadikan resource pengganti lalu klik Open

4. Ketik tipe, nama dan bahasa resource
5. Klik Replace

Lagi-lagi perutku mengeluarkan peringatan untuk kedua kalinya. Saya pamit sebentar buat recharge energi dulu. Hehehe.

Menyimpan Resources
Sekarang kita akan belajar bagaimana cara menyimpan resources suatu program dengan reshack. Seperti yang telah ditulis di atas tadi, salah satu kegunaan reshack adalah menyimpan resources dengan format *.res dan lain-lain.

Untuk menyimpan:
1. resource sebagai Binary file
  • Pilih resource yang akan disimpan dengan mengklik resources tree
  • Pilih menu Action – Save Resource as a binary file...
  • Pilih tempat dan ketik nama yang akan dipakai untuk binary file tersebut pada kotak dialog yang muncul
  • Klik Save
2. resource sebagai *.res file
  • Pilih resource yang akan disimpan dengan mengklik resources tree
  • Pilih menu Action – Save Resource as a *.res file...
  • Pilih tempat dan ketik nama yang akan dipakai untuk *.res file tersebut pada kotak dialog yang muncul
  • Klik Save
3. resource sebagai *.rc file
  • Pilih resource yang akan disimpan dengan mengklik resources tree
  • Pilih menu Action – Save [(type resource):(nama resource)] to *.rc file...
  • Pilih tempat dan ketik nama yang akan dipakai untuk *.rc file tersebutpada kotak dialog yang muncul
  • Klik Save
4. semua resources berdasarkan typenya
  • Klik resources tree
  • Pilih menu Action – Save [(type resources)] resources...
  • Pilih tempat dan ketik nama yang akan dipakai untuk file tersebut pada kotak dialog yang muncul
  • Klik Save
5. semua resources
  • Klik resources tree
  • Pilih menu Action – Save all resources...
  • Pilih tempat dan ketik nama yang akan dipakai untuk file tersebut pada kotak dialog yang muncul
  • Klik Save
Mengupdate Semua Resources
1. Klik menu Action – Update all Resources...
2. Pilih resources (*.res) yang baru
3. Klik Open

Memasukkan Resource Baru
1. Klik menu Action – Add a new resource...
2. Klik Open file with new resource...
3. Pilih resource yang akan dimasukkan
4. Klik Open
5. Ketik resource type, name dan language
6. Klik Add Resource

Menghapus Resource
1. Pilih resource yang akan dihapus pada resources tree
2. Klik Action – Delete Resource [(type resource):(nama resource):(bahasa resource)]
3. Akan muncul konfirmasi penghapusan. Pilih Yes

Mengganti Language Resource
1. Pilih resource yang akan diganti languagenya pada resources tree
2. Klik Action – Change Language [(type resource):(nama resource):(language resource)]
3. Ketikkan kode bahasa yang baru pada kotak dialog yang muncul
4. Klik Ok

Selain beberapa cara-cara di atas anda bisa mengutak-atik resources yang ada dengan memilih resource. Lalu pada resource yang muncul anda bisa memodifikasi secara langsung. Jangan lupa klik Compile Script setelah anda selesai melakukan perubahan sebelum anda beranjak ke resources yang lain.
Setelah melakukan cara-cara di atas anda harus menyimpannya agar perubahan yang terjadi tidak hilang. Caranya dengan memilih menu File – Save. Secara otomatis program aslinya akan menjadi berubah namanya menjadi (nama)_original.exe. Misalnya nama programnya editplus.exe maka akan  menjadi editplus_original.exe sedangkan resources yang telah kita ubah menjadi editplus.exe. Cara ini membuat anda tidak usah khawatir jika ternyata modifikasi yang anda lakukan membuat program itu tidak berjalan baik (atau
jika memang itu yang anda inginkan :)) karena kita tinggal menghapus _original yang menempel pada nama program yang asli jika ingin mengembalikan program seperti semula.
Sedangkan jika anda tidak ingin membackup program yang asli anda bisa memilih menu File – Save As... lalu klik program aslinya atau anda juga bisa menganti namanya seterah anda.
Akhirnya cukup sekian artikel dari saya (kali ini saya serius :))

0 comments:

Posting Komentar

Like & Share :


Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.

 
Back to top!