Searching...
Selasa, 11 Januari 2011

Cara Memproteksi Folder Pada Windows XP

UPDATE: dikarenakan banyaknya orang yang mengalami permasalahan dalam penggunaan metode proteksi folder di windows XP ini (penamaan folder yang tidak tepat, dan juga visibilitas  melalui command prompt, dan lain-lain), maka dilakukan penambahan dengan penggunaan sebuah program yang bernama Free Hide Folder.
Jika tujuan Anda adalah mencari halaman yang membahas bagaimana cara untuk membuat sebuah password yang dilindungi dengan aman, tersembunyi atau folder yang terkunci pada Windows XP secara gratis maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.  Windows XP tidak memiliki tools yang user-friendly dalam pembuatan folder aman pada komputer dengan user yang banyak. Yang dapat dilakukan oleh Windows XP adalah melakukan enkripsi data pada hard disk, namun ini hanya membantu jika komputer Anda dicuri.
Dalam posting sebelumnya, ditulis tentang bagaimana dapat menyembunyikan folder di Windows XP menggunakan dasar fitur built-in. Metode ini berguna dalam menyembunyikan folder atau file dan dengan begitu maka bahwa siapa saja yang menggunakan komputer akan tidak tahu bagaimana mengembalikan data agar terlihat, dengan begitu data akan tetap aman. Jika Anda berurusan dengan seseorang yang cerdas dalam komputer, maka ada cara lain untuk membuat folder terkunci aman tanpa harus membeli perangkat lunak pihak ke-3.
Pada dasarnya prosesnya melibatkan menggunakan script untuk merubah folder tersebut menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda sehingga dengan begitu terjadi visibilitas, maka apa yang ada dalam folder itu menjadi tidak dapat diakses. Untuk dapat melihat data, maka diharuskan menjalankan script lain untuk merubahnya kembali. Siapapun yang mengklik folder akan dibawa ke Control Panel maka dengan begitu pengguna hanya berpikir bahwa itu adalah sebuah shortcut.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat folder yang terproteksi pada Windows XP:
  • Langkah pertama adalah membuat folder yang hendak digunakan untuk menyimpan data(khususnya data yang bersifat rahasia). Contohnya, membuat folder dengan nama “Font” sebagai root dari drive D. Karena folder yang tersembunyi tersebut akan membawa pengguna ke Control Panel, maka yang terbaik adalah memberikan nama folder sebagai salah satu program yang ada di Control Panel.
  • Di lokasi yang sama dimana folder baru tadi dibuat buatlah sebuah file notepad, copy tulisan di bawah ini, lalu ganti Font dengan nama folder Anda tadi dan simpan dengan nama loc.bat.
          en Fonts Fonts.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}
  • Untuk menyimpan file dengan format .bat pada notepad, tempatkan semua dalam tanda kutip berikut, dengan loc.bat lalu klik Save.
  • Sekarang Anda akan memiliki sebuah file dengan format .bat dengan nama loc pada dalam sebuah direktori yang sama dengan folder Fonts yang baru dibuat, bukan dalam folder Fonts.
  • Buat file notepad lainnya dan ketik yang tercantum di bawah ini, lalu saave sebagai “key.bat”
          ren Fonts.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} Fonts
  • Sekarang Anda memiliki loc.bat dan key.bat bersama dengan folder yang baru dibuat. Setelah itu klik dua kali pada loc.bat dan folder Anda tersebut akan berubah menjadi Control Panel dan apa yang ada didalamnya menjadi tidak dapat dilihat. Menkliknya hanyalah akan membawa ke Control Panel. Dapat juga dilihat bahwa icon pun menjadi berubah.
Untuk melihat data di dalam folder, klik key.bat dan folder anda akan kembali normal! Cukup sederhana!
Tentu saja, menjaga keutuhan key.bat file dalam folder yang sama menjadikan tidak bergunanya perlindungan akan folder tersebut, yang terbaik adalah untuk memindahkan key.bat file ke tempat lain, atau akan lebih baik lagi menaruhnya di USB Flash Disk atau CD yang terproteksi.

Kebanyakan orang akan melihat folder tersebut dan mengabaikannya dengan begitu saja dikarenakan terlihat memiliki ikon Control Panel dan link secara langsung. Tentu saja, jika pengguna tahu trik ini juga, mereka dapat membuat file key.bat mereka sendiri, dan lain-lain, dan buka kembali. Namun, jika Anda berurusan dengan seseorang yang bisa melakukan semua itu, sebaiknya gunakan saja perangkat lunak pihak ke-3 yang tentu saja lebih canggih dalam memproteksi folder Anda tersebut.

Metoda Alternatif:

Jika mengalami masalah dengan metode pertama di atas, maka ada cara lain yang cepat dan gratis untuk membuat folder aman pada Windows XP. Program yang sangat bagus dinamakan calledFree Hide Folder dari Cleanersoft yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyembunyikan folder pribadi Anda.
Folder Anda benar-benar akan tersembunyi dan Anda harus memberikan password untuk membuka program untuk melakukan unhide folder.


 Program ini sudah dicoba dan terbukti bahwa tidak dapat mengakses folder tersembunyi melalui Windows Explorer atau command prompt. Jadi jika metode pertama tidak bekerja, maka cobalah metode alternative.

0 comments:

Posting Komentar

Like & Share :


Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.

 
Back to top!